PROFIL PS. TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
Program Studi Teknik Elektronika Industri ( PSTEI ) merupakan Program Studi yang berada di Jurusan Teknik Elektro. Keberadaan Program Studi ini bertepatan dengan berdirinya Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 1982. Sejak berdirinya sampai sekarang, kurikulum PSTEI telah mengalami beberapa kali penyesuaian berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan teknisi bidang teknik instrumentasi dan kontrol di industri. Penyesuaian kurikulum terakhir dilakukan pada tahun 2007 dan digunakan sebagai dasar proses belajar mengajar sampai tahun 2012.
Tren AFTA dan globalisasi yang mengharuskan PSTEI melakukan berbagai percepatan usaha perbaikan lulusan, baik di bidang akademik, skill maupun pembentukan karakter lulusan. Untuk membekali Ahli Madya di bidang Teknik Instrumentasi Dan Kontrol, kami tidak hanya memberikan penghargaan berupa ijazah, tetapi sejak tahun 2013, PSTEI melakukan MOU dengan National Instrument Academy School (NI – LabView) US dan merupakan institusi pertama di Asia Pasific yang melakukan kerja sama ini, untuk memberikan sertifikasi keahlian yang diakui secara International. Sampai saat ini kami tetap melakukan berbagai terobosan, beberapa kerja sama dengan berbagai instansi dan industri baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri untuk di tahun mendatang. Hal ini kami lakukan, semata-mata ingin memberikan pelayanan terbaik bagi Mahasiswa/i dan Orang Tua agar cepat terserap di dunia kerja.
Sejak tahun 2013, PSTEI memberlakukan kurikulum berbasis KKNI. Sejalan dengan waktu revisi kurikulum terus dilakukan untuk mengakomodir perkembangan keilmuan. kebutuhan industri dan kebijakan pemerintah dalam hal ini kemetrian pendidikan. Kebijakan tahun 2020 dari Kemendikbud adalah kampus merdeka dan merdeka belajar, untuk itu TEI telah menyusun kurikulum terbaru dimana salah satunya diterapkan magang industri dilakukan satu semester yang setara dengan 20 SKS. Sampai saat ini para lulusan Ahli Madya PSTEI terserap seluruhnya di industri dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 bulan, sehingga termasuk Program Studi yang sangat diminati.
Sebagai pendidikan Vokasi dengan kurikulum 60% berupa praktek, PSTEI dilengkapi dengan sarana laboratorium yang diberi nama Laboratorium Elektronika dan bengkel, yang digunakan bersama dengan Program Sarjana Terapan Instrumentasi dan Kontrol Industri IKI. Secara garis besar Laboratorium Elektronika mempunyai struktur seperti pada gambar di bawah ini :
VISI
Menjadi Program Studi unggul bertaraf internasional di bidang teknik instrumentasi dan kontrol elektronika industri untuk mendukung daya saing bangsa.
MISI
- Menyelenggarakan Pendidikan Politeknik di bidang teknik instrumentasi dan kontrol elektronika industri yang berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Mengembangkan penelitian dan peningkatan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik instrumentasi dan kontrol elektronika industri serta produk inovasi berkualitas guna dan bermanfaat bagi masyarakat guna meningkatkan daya saing bangsa
- Mengembangkan program studi yang efisien, efektif, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
TUJUAN PROGRAM STUDI
Memiliki keterkaitan dengan profil lulusan yang diharapkan PS sesuai dengan ke butuhan dan standar yang dituntut oleh stakeholder internal dan eksternal, termasuk tuntutan pasar kerja
SASARAN PROGRAM STUDI
1. Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, bersertifikat Nasional dan atau Internasional di bidang teknik instrumentasi dan kontrol elektronika industri yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. Mengembangkan penelitian dan peningkatan penerapan pengetahuan dan teknologi serta produk inovasi berkualitas di bidang teknik instrumentasi dan kontrol elektronika industri guna meningkatkan daya saing bangsa;
3. Terbangunnya program studi yang adaptif dan responsif terhadap tuntutan perkembangan jaman, melalui pemanfatan sumber daya (manusia, aset, infrastuktur, dan keuangan) secara efisien dan efektif, serta berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi;
4. Terbangunnya simpul kerjasama institusi Nasional dan International untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan pengembangan program studi.
PROFIL LULUSAN, RUMUSAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) & RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
1. Mengupayakan 100 % mahasiswa lulus tepat waktu
2. Mengupayakan 70 % lulusan terserap pasar kerja global dengan masa tunggu maksimal 3 bulan
3. Mengupayakan 30 % lulusan menjadi wirausaha
4. Mengupayakan lulusan memiliki sertifikat kompetensi keahlian dibidang teknik instrumentasi dan kontrol
5. Mengupayakan hasil penelitian terpublikasi ditingkat global
6. Melakukan kerjasama dengan industri berskala nasional dan internasional.
Profil Lulusan
Tabel Profil Lulusan dan Deskripsinya
NO. |
PROFIL LULUSAN |
DESKRIPSI PROFIL LULUSAN |
1 |
INDUSTRIAL ELECTRONIC DRAFTER |
Mampu membuat gambar kerja dan membaca layout yang berhubungan dengan sistem kontrol dan instrumentasi, dan penggunaan bantuan komputer sesuai dengan standar keterampilan yang dibuutuhkan industri berbasis otomasi sesuai perkembangan ICT. |
2 |
CONTROL AND INSTRUMENTATION OPERATOR |
Mampu membaca P&ID, membuat gambar wirring panel, mengoperasikan sistem kontrol proses sederhana sesuai standar aman dan SOP, membuat jadwal proses, log book, melaporkan hasil uji sampel, memberikan rekomendasi pada implementasi sistem kontrol dan instrumentasi, kontrol. |
3 |
CONTROL AND INSTRUMENTATION TECHNICIAN |
Mampu menginstalasi, melakukan kalibrasi peralatan otomasi, melakukan perawatan dan perbaikan PLC, DCS, dan SCADA, serta memanfaatkan teknologi baru maupun yang sudah ada untuk dijadikan sebagai peluang usaha dalam bidang otomasi industri |
4 |
QUALITY CONTROL INSTRUMENTATION AND INDUSTRIAL CONTROL |
Mampu melaksanakan kegiatan Quality Control dengan berpedoman pada rencana mutu dimulai dari kegiatan pemeriksaaan, pengetesan, pengujian bahan/material dan hasil pekerjaan sehingga sesuai dengan spesifikasi teknis, dan standar praktis yang berlaku |
Perumusan CPL
CPL dirumuskan dengan mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI dan SN-Dikti. CPL terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan keterampilan umum mengacu pada SN-Dikti sebagai standar minimal, yang memungkinkan ditambah oleh program studi untuk memberi ciri lulusan perguruan tingginya. Sedangkan unsur keterampilan khusus dan pengetahuan dirumuskan dengan mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikannya sesuai profil lulusan dan Rumusan SKL (SKKNI, Standar Khusus atau Standar Internasional).
Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
No |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
|
---|---|---|
1 |
Sikap |
|
|
S1 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
S7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
2 |
Keterampilan Umum |
|
|
KU1 |
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku ; |
|
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur; |
|
KU3 |
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri; |
|
KU4 |
Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; |
|
KU5 |
Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya; |
|
KU6 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
|
KU7 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; |
|
KU8 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
3 |
Keterampilan Khusus |
|
|
KK1 |
Mampu menerapkan matematika terapan dan fisika Instrumentasi kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teorema yang bersesuaian; |
|
KK2 |
Mampu memilih alternatif solusi untuk permasalahan instrumentasi dan sistem kendali menggunakan standar IEEE dan IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan; |
|
KK3 |
Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan factor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan; |
|
KK4 |
Mampu melakukan pengujian, pengukuran dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis data statistik hasil pengukuran serta menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan; |
|
KK5 |
Mampu menggunakan perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali; |
|
KK6 |
Mampu membuat gambar P&ID, panel HMI, dan datalogging serta simbol sesuai standar yang berlaku pada teknik instrumentasi dan kontrol industri sesuai instruksi kerja, dan spesifikasi yang dipersyaratkan. |
|
Pengetahuan |
|
|
PP1 |
Menguasi konsep teoritis matematika terapan dan fisika Instrumentasi terkait dengan praktek instalasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali; |
|
PP2 |
Menguasai pengetahuan tentang IEC dan IEEE pada bidang instrumentasi dan sistem kendali; |
|
PP3 |
Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali; |
|
PP4 |
Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3; |
|
PP5 |
Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC dan IEEE; |
|
PP6 |
Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi; |
|
PP7 |
Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali; |
|
PP8 |
Menguasai teori statistik data pengukuran yang berkaitan dengan sistem instrumentasi dan kontrol elektronika; |
|
PP9 |
Menguasai pengetahuan tentang P&ID (Piping and Instrumentation Diagram), Panel HMI (Human Machine Interface), dan Datalogging; |
File | Nama File | Format Type |
Akreditasi EC.jpg | image/jpeg |