PROFIL PS. TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

Program Studi Teknik Elektronika Industri ( PSTEI ) merupakan Program Studi yang berada di Jurusan Teknik Elektro. Keberadaan Program Studi ini bertepatan dengan berdirinya Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 1982. Sejak berdirinya sampai sekarang, kurikulum PSTEI telah mengalami beberapa kali penyesuaian berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan teknisi bidang teknik instrumentasi dan kontrol di industri. Penyesuaian kurikulum terakhir dilakukan pada tahun 2007 dan digunakan sebagai dasar proses belajar mengajar sampai tahun 2012.

Tren AFTA dan globalisasi yang mengharuskan PSTEI melakukan berbagai percepatan usaha perbaikan lulusan, baik di bidang akademik, skill maupun pembentukan karakter lulusan. Untuk membekali Ahli Madya di bidang Teknik Instrumentasi Dan Kontrol, kami tidak hanya memberikan penghargaan berupa ijazah, tetapi sejak tahun 2013, PSTEI melakukan MOU dengan National Instrument Academy School (NI – LabView) US dan merupakan institusi pertama di Asia Pasific yang melakukan kerja sama ini, untuk memberikan sertifikasi keahlian yang diakui secara International. Sampai saat ini kami tetap melakukan berbagai terobosan, beberapa kerja sama dengan berbagai instansi dan industri baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri untuk di tahun mendatang. Hal ini kami lakukan, semata-mata ingin memberikan pelayanan terbaik bagi Mahasiswa/i dan Orang Tua agar cepat terserap di dunia kerja.

Sejak tahun 2013, PSTEI memberlakukan kurikulum berbasis KKNI. Sejalan dengan waktu revisi  kurikulum terus dilakukan untuk mengakomodir  perkembangan keilmuan.  kebutuhan industri dan kebijakan pemerintah dalam hal ini kemetrian pendidikan. Kebijakan tahun 2020 dari Kemendikbud adalah kampus merdeka dan  merdeka belajar, untuk itu TEI telah menyusun kurikulum terbaru dimana salah satunya diterapkan magang industri dilakukan satu semester yang setara dengan 20 SKS. Sampai saat ini para lulusan Ahli Madya PSTEI terserap seluruhnya di industri dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 bulan, sehingga termasuk Program Studi yang sangat diminati.

Sebagai pendidikan Vokasi dengan kurikulum 60%  berupa praktek, PSTEI dilengkapi dengan sarana laboratorium  yang diberi nama Laboratorium Elektronika dan  bengkel, yang digunakan  bersama dengan Program Sarjana Terapan Instrumentasi dan Kontrol Industri IKI. Secara garis besar Laboratorium Elektronika mempunyai struktur seperti pada gambar di bawah ini :

VISI dan MISI PS. TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

1. VISI

"Menjadikan Program Studi Teknik Elektronika Industri unggul berkelas dunia dalam bidang Teknik Instrumentasi dan Kontrol Elektronika pada tahun 2029"

2. MISI

  1. Menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia profesional dalam bidang teknik elektronika yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi terapan bidang teknik elektronika
  3. Menghasilkan tenaga terampil berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat internasional
  4. Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan bidang teknik elektronika yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

4. SASARAN PS. TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

  1. Mengupayakan 100 % mahasiswa lulus tepat waktu.
  2. Mengupayakan 100 % lulusan terserap pasar kerja global dengan masa tunggu 0 bulan
  3. Mengupayakan 50 % lulusan menjadi wirausaha.
  4. Mengupayakan lulusan memiliki sertifikat kompetensi keahlian dibidang teknik instrumentasi dan kontrol.
  5. Mengupayakan hasil penelitian terpublikasi ditingkat global.
  6. Melakukan kerjasama dengan industri berskala nasional dan internasional.

 


Share :


File Nama File Format Type