PNJ

Teknik Elektro

politeknik negeri jakarta


Teknik Listrik ( D III )


Program Studi Teknik Listrik

(terakreditasi B Sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 015/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VI/2012 Berlaku sampai dengan 5 - 07 - 2017)

Program Studi Teknik Listrik adalah pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1982 mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang instalasi listrik domestik dan industri, dan otomatisasi kontrol industri berbasis PLC dan SCADA yang mampu membaca gambar, merancang bangun, mengawasi, memperbaiki dan testing commissioning kelistrikan. Program Studi Teknik Listrik menyelenggarakan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro.Lulusan Program Studi Teknik Listrik mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana di berbagai industri dan perusahaan ketekniklistrikan.

Visi dan Misi Program Study Teknik Listrik

I. Visi Program Study

Menjadi program studi unggul berkelas dunia pada tahun 2029 di bidang Teknik Elektro dengan keahlian di bidang Teknik Listrik.

II. Misi Program Study

1. Menyelenggarakan Pendidikan diploma tiga di bidang teknik listrik yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Melaksanakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat berorientasi pada pengembangan ilmu dan teknologi yang dapat memberi kontribusi positif kepada masyarakat, negara maupun dunia internasional.

3. Menyelenggarakan program studi yang efisien, efektif dan akuntabel.

III. Tujuan Program Study

1. Mengembangkan potensi peserta didik untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian di bidang teknik listrik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa dan dosen, agar mampu mendukung pengembangan IPTEK guna meningkatkan daya saing bangsa.

3. Meningkatkan budaya kerja yang efisien dan efektif bagi terbangunnya suasana akademis di kalangan staf pengajar, mahasiswa dan staf administrasi.

4. Terbentuknya kerjasama program studi dengan industri skala nasional dan internasional untuk meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa dan dosen.

IV. Sasaran dan Strategi Pencapaian

I. Bidang Pendidikan

1.Tercapainya kehadiran dosen dalam proses belajar mengajar dengan target sebesar 98%.

2. Tercapainya kehadiran mahasiswa dalam proses belajar mengajar dengan target sebesar 98%.

3. Tercapainya ketuntasan materi baik teori maupun praktikum dengan target sebesar 90%.

4. Tercapainya kinerja tenaga kependidikan dengan target sebesar 98%.

5. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan target sebesar 92% dengan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK )3,00.

6. Peningkatan kualitas lulusan, sehingga presentase minimal lulusan dengan masa tunggu tiga ( 3 ) bulan untuk mendapatkan pekerjaan, 90 %.

7. Membekali Mahasiswa dengan kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang baik dengan nilai batas TOEIC minimal 450.

8. Pengoptimalan peran peran dosen Pembimbing Akademis ( PA ) hingga mahasiswa yang terkena SP3 tidak melebihi 5% serta mahasiswa Drop Out ( DO ) dan mengundurkan diri tidak lebih 5% per tahun Akademik.

9. Pengoptimalan peran panitia Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) sehingga minimal mahasiswa yang PKL sesuai dengan bidangnya adalah sebesar 98%.

10. Peninjauan Kurikulum berbasis KKNI secara Minor dan Mayor tiap tahun bersama para dosen dan pihak industri.

II. Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

1. Peningkatan jumlah penelitian dosen yang didanai oleh KEMRISTEK DIKTI maupun pendanaan yang berasal dari PNJ minimal satu ( 1 ) judul per tahun.

2. Peningkatan jumlah publikasi nasional / internasional dengan target minimal 1 per tahun.

3. Peningkatan jumlah dosen yang terlibat dalam publikasi nasional, minimal 15% dosen yang terlibat dalam publikasi.

4. Peningkatan jumlah dosen yang terlibat dalam publikasi internasional, minimal 5% dosen yang terlibat dalam publikasi.

5. Peningkatan jumlah dosen yang terlibat dalam penelitian, minimal 20% dosen yang terlibat dalam penelitian.

6. Melibatkan semua dosen dalam Pengabdian Masyarakat.

III. Bidang Pengelolaan Pembelajaran

1. Peningkatan sistem penyimpanan data untuk memudahkan pengambilan data yang diperlukan dalam proses akreditasi prodi, sehingga mendapatkan nilai akreditasi yang terbaik.

2. Ketersedian RPS dan SAP seluruh mata kuliah dengan target sebesar 90%.

3. Ketersedian modul ajar dan buku petunjuk praktikum serta modul / peralatan praktikum dengan target sebesar 80%.

4. Mengadakan rapat prodi minimal 2 kali dalam 1 semester, sebagai ajang untuk silaturahmi, serta transfer informasi dari prodi.

5. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, denga target minimal 1 dosen setiap dua tahun melanjutkan study ke program doktor.

6. Meningkatkan jumlah dosen yang mengikuti pelatihan sesuai dengan kompetensinya minimal 2 dosen per tahun.

7. Meningkatkan jumlah buku ajar yang di tulis oleh dosen, minimal 1 buku setiap 2 tahun.

8. Peningkatan sarana dan prasarana laboratorium, dengan cara pengajuan alat dan barang habis pakai tiap tahun.

9. Peningkatan layanan terhadap mahasiswa dengan menyiapkan server untuk menyimpan semua data modul ajar / petunjuk praktikum, software serta data lain yang di butuhkan untuk menunjang perkuliahan dan praktikum.

IV. Bidang Kemahasiswaan

1. Meningkatkan kerja sama dengan industri dan alumni, minimal 6 industri bersedia sebagai tempat Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dan pembuatan Tugas Akhir ( TA ) bagi mahasiswa D III PS. TL.

2. Meningkatkan kerja sama dengan industri dan alumni untuk perekrutan karyawan, minimal 30% per tahun alumni direkrut sebagai karyawan industri.

3. Meningkatkan kerja sama dengan industri dan alumni sebagai narasumber pada kegiatan kuliah umum, minimal 2 industri per tahun.

4. Meningkatkan kerja sama dengan industri dan alumni untuk mempromosikan prodi, penyediaan beasiswa bagi mahasiswa, dan peninjauan kurikulum setiap tahun.

5. Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat tingkat lokal maupun nasional ( PKM dan PHBD ), target minimal 5% dari total mahasiswa.

6. Peningkatan jumlah prestasi mahasiswa di bidang olah raga, seni dan budaya, dengan target minimal 10% dari total mahasiswa.

7. Mendorong himpunan mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan akademik dan non akademik minimal 2 kegiatan per tahun.